Narahubung: 0813-8985-7878; 0813-1921-2287 (Whatsapp Available)
Sabtu, 08 Oktober 2022
Jumat, 07 Oktober 2022
STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN KEGIATAN MENJIPLAK UNTUK MELATIK MOTORIK HALUS
Perkembangan anak yang sehat dapat dilihat dari kemampuan motorik yang terampil, seimbang, dan terkoordinasi dengan baik. Hurluck (1978:150) mengatakan bahwa perkembangan motorik dapat diartikan sebagai perkembangan dari unsur kematangan pengendalian gerak tubuh dan otak sebagai pusat gerak. Gerak motorik yang dimaksud dapat dikategorikan ke dalam dua gerakan yaitu motorik kasar, dan motorik halus dimana keduanya memiliki jenis stimulasi yang berbeda.
Selanjutnya, Hurlock juga mengemukakan bahwa perkembangan motorik merupakan suatu perkembangan yang berkaitan dengan pengendalian gerak fisik melalui kegiatan yang terkoordinasi dari pusat saraf dan otot. Hal ini berhubungan erat dengan pola prilaku anak dalam beraktivitas sehari-hari.
Menurut Dini P dan Daeng Sari (1996:72) motorik halus adalah gerakan yang melibatkan aktivitas otot-otot kecil atau halus, dimana gerakan ini menuntut koordinasi mata dan tangan serta pengendalian gerak yang baik yang memungkinkannya melakukan ketepatan dan kecermatan dalam gerak. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak seperti: menulis, makan, berpakaian, menggambar, dan menjiplak. Aktivitas tersebut tentunya dilakukan setiap hari oleh anak, baik dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.
Melalui aktivitas menjiplak, anak memiliki ruang untuk menggali kemampuan observasi, mengasah kreativitas, dan melatih kecerdasan untuk menciptakan suatu gagasan. Dimana gagasan tersebut kemudian dapat direalisasikan menjadi karya dengan cara meniru atau menjiplak.
Kegiatan lainnya yang dilakukan untuk menstimulasi dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah dengan kegiatan menjiplak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia menjiplak adalah menggambar atau menulis garis-garis gambaran atau tulisan yang telah disediakan.
Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan sederhana dengan menelusuri (tracing) suatu bentuk atau objek menggunakan alat tulis. Kegiatan tracing tersebut selain sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat menghibur bagi anak.
Kamis, 06 Oktober 2022
BON ANNIVERSAIRE! BUON COMPLEANNO! ALLES GUTE ZUM GEBURTSTAG! EID MWALID SAEID! SAENG-IL CHUGHA! TANJOBIOMEDETO! HAPPY BIRTHDAY! WILUJEUNG TEPANG TAUN! SUGENG TANGGAP WARSA! SELAMAT ULANG TAHUN !
Perkembangan anak usia dini dapat diartikan
sebagai rangkaian kejadian atau perubahan kondisi yang dialami seorang anak
dari waktu ke waktu. Perubahan tersebut meliputi tumbuh kembang fisik,
peningkatan kemampuan bahasa, emosi, mental, jiwa dan psikologi anak.
-
Percobaan Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak ( science experiment for kindergarten ). Pendidikan an...
-
Perkembangan anak usia dini dapat diartikan sebagai rangkaian kejadian atau perubahan kondisi yang dialami seorang anak dari waktu ke waktu....
-
Kesabaran dan konsentrasi adalah 2 (dua) hal yang sangat penting dimiliki Anak usia dini. Dimana kemampuan tersebut adalah modal utama Anak ...
-
KEGIATAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAH RAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) ANAK USIA DINI - SEKOLAH PAUD/TK HOLY YADHA Pendidikan Jasmani, Olah Rag...
-
Kami kembali membuka pendaftaran bagi calon peserta didik baru Tahun Ajaran 2023/2024. Ayo daftarkan Putera dan Puteri Anda segera. Persiapk...
-
Raden Adjeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Kartini adalah sangat senang belajar dan membaca buku. Se...
-
Peserta didik diberikan instruksi membentuk barian 2 (dua) berbanjar. Guru memberikan bola yang akan diteruskan dari orang yang pertama hing...
-
Kegiatan mewarnai dan menggambar atau membentuk ragam hias geometris sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan kecerdasan otot sensori...
-
Penting sekali bagi orangtua untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, agar proses tumbuh kembang anak berkembang den...